Struktur Organisasi

Struktur Organisasi Direktorat Keuangan UNAIR

Struktur organisasi Direktorat Keuangan UNAIR terdiri dari 3 (tiga) sub direktorat (subdit) yaitu:

(1) Subdit Anggaran;

(2) Subdit Akuntansi dan Pelaporan Keuangan; dan

(3) Subdit Perbendaharaan.

Subdit Anggaran

Kepala Subdit Anggaran pada Dra. Aditya Wanasita. Kasubdit Anggaran membawahi Seksi Anggaran Belanja (Susantono,SE) dan Seksi Anggaran Pendapatan (-).

Kasie. Anggaran Belanja : Susantono, SE.

Kasie. Anggaran Pendapatan : Lilik Khusnawati, SE.,M.Si.

Kepala Subdit Anggaran memiliki tugas pokok untuk mengorganisasikan pelaksanaan kegiatan penyusunan anggaran, serta melaksanakan evaluasi kinerja anggaran. Sedangkan fungsinya, yaitu :

  1. Mengorganisasikan pelaksanaan penyusunan rencana anggaran setiap unit kerja
  2. Melaksanakan revieu dan evaluasi usulan rencana anggaran dari setiap unit kerja
  3. Menyusun usulan rencana anggaran universitas.
  4. Menyampaikan usulan rencana anggaran yang telah direvieu dan dievaluasi, serta usulan rencana anggaran universitas kepada Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Sumber Daya.
  5. Melaksanakan evaluasi pelaksanaan dan kinerja anggaran.
  6. Melaporkan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi dalam pelaksanaan kegiatan anggaran kepada Direktur Keuangan.

 Subdit Akuntansi dan Pelaporan Keuangan

Kepala Subdit Akuntansi dan Pelaporan Keuangan adalah Habiburrochman, SE., M.Si., Ak.
Kepala Subdit Akuntansi dan Pelaporan keuangan, membawahi Seksi Akuntansi Belanja / Pengeluaran Kas, Seksi Verifikasi SPJ dan Seksi Akuntansi Pemerintah dan Asset.

Kasie Akuntansi Belanja / Pengeluaran Kas : Duheti Agustin Buananda, SE., M.Acc.

Kasie Verifikasi SPJ : Guntoro, SE.

Kasie Akuntansi Pemerintahan dan Asset : Koko Satriawan G., ,SE

Kepala Subdit Akuntansi dan Pelaporan keuangan memiliki tugas pokok, yaitu melaksanakan kegiatan akuntansi dan pelaporan keuangan universitas. Sedangkan fungsinya, yaitu:

  1. Mengumpulkan dokumen bukti pelaksanaan anggaran dari setiap unit kerja pengguna anggaran, baik DIPA maupun PNBP.
  2. Memeriksa dokumen bukti pelaksanaan anggaran dari setiap unit kerja pengguna anggaran, baik DIPA maupun PNBP.
  3. Mencatat transaksi sesuai dengan dokumen bukti pelaksanaan anggaran dari setiap unit kerja pengguna anggaran, baik DIPA maupun PNBP.
  4. Menyusun laporan keuangan universitas (DIPA, PNBP dan laporan keuangan konsolidasi).

Subdit Perbendaharaan

Kepala Subdit Perbendaharaan adalah Surati. S.Sos. Kepala Subdit Perbendaharaan, membawahi Seksi Pendapatan, dan Seksi Belanja.

Kasie Pendapatan: Agus Hafiludin,SIP

Kasie Belanja : Cuk Prasetyo Hudoyo, SS.,SE.,M.Si.

Kepala Subdit Perbendaharaan memiliki tugas pokok, yaitu melaksanakan kegiatan pengelolaan dana universitas. Sedangkan fungsinya, yaitu:

  1. Bersama dengan unit kerja terkait menyusun Rencana Anggaran Penerimaan dan Belanja Direktorat Keuangan dan Unair berdasarkan Program dan Rencana Kegiatan;
  2. Melaksanakan fungsi pengendalian (control) atas aliran dana UNAIR, baik Dana DIPA maupun PNBP
  3. Melaksanakan fungsi administrasi dan pelaporan posisi dana setiap saat dengan prinsip relevan dan tepat waktu
  4. Melaksanakan fungsi pengelolaan dana (fund management) yaitu menerima, investasi, portofolio dan mendistribusikan penggunaan dana, dengan prinsip efektif dan efisien, mudah dan cepat, teliti dan terkendali
  5. Melaksanakan fungsi administrasi dan pelaporan perbendaharaan setiap saat dengan prinsip relevance dan tepat waktu
  6. Bersama dengan Subdit Anggaran dan Subdit Akuntansi
    • melaksanakan fungsi pengendalian (control) dengan melakukan analisis variansi atas anggaran dan realisasi dana setiap unit kerja
    • memberikan informasi keuangan bagi setiap pihak terkait
    • secara periodik membuat laporan keuangan UNAIR konsolidasi
  7. Membina hubungan dengan unit kerja dan mitra.

Selain dibantu oleh kepala Seksi, Subdit Perbendaharaan di bantu juga oleh Bendahara.

Pemegang Kas/ Bendaharawan

Bendaharawan atau Pemegang Kas pada Direktorat Keuangan UNAIR ada 3 (tiga) yaitu Bendahara Pengguna (Dana Masyarakat), Bendahara Pengeluaran (Dana DIPA/APBN) dan Bendahara Penerima.
Sedangkan fungsi Pemegang Kas/ Bendaharawan adalah :

  • Mengumpulkan dokumen anggaran unit kerja dan universitas yang telah disahkan;
  • Mengorganisasikan penerimaan dan penyimpanan dana;
  • Mengumpulkan, memeriksa, dan mengajukan usulan pencairan dana kepada Rektor melalui Direktur Keuangan;
  • Mendistribusikan/menyerahkan dana kepada unit kerja sesuai dengan usulan pencairan dana yang telah disetujui;
  • Melaksanakan pembukuan penerimaan dan pengeluaran dana, serta menyusun laporan¬† penerimaan & pengeluaran dana;
  • Melaksanakan pemungutan, penyetoran, dan administrasi pajak.