Visi dan Misi

Visi Direktorat Keuangan

Dengan tetap berpedoman pada Visi Universitas Airlangga , yaitu: untuk menjadi universitas yang mandiri, inovatif, terkemuka di tingkat nasional dan internasional, pelopor pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, humaniora, dan seni, berdasarkan moral agama, maka Visi Direktorat keuangan Universitas Airlangga adalah mewujudkan pelaporan keuangan yang auditable,transparan dan akuntabel.

Misi Direktorat Keuangan

Direktorat Keuangan Universitas Airlangga dalam melaksanakan dan mewujudkan visinya maka dijabarkan dalam misi sebagai berikut ;

  1. Menyelenggarakan penyusunan anggaran berbasis kinerja.
  2. Meningkatkan kualitas pelayanan penyelesaian pertanggungjawaban keuangan secara tepat waktu.
  3. Meningkatkan pembayaran keuangan yang tepat waktu,nilai dan sasaran penerima.
  4. Meningkatkan integrasi antar bagian dalam dokumentasi pertanggungjawaban keuangan serta mengoptimalkan penggunaan Sistem Teknologi Informasi (STI).
  5. Meningkatkan peran para Bendahara,PUMK,serta operator Asset dan Persediaan dalam pengembangan pelayanan keuangan yang lebih cepat dan tepat.

Tujuan Direktorat Keuangan

Sesuai dengan visi, misi di atas, Direktorat keuangan Universitas Airlangga bertujuan untuk:

  1. Terselenggaranya sistem tata kelola administrasi, pengelolaan keuangan, pelaksanaan pembayaran yang transparan dan akuntabel melalui monitoring dan evaluasi  yang  berkelanjutan.
  2. Terwujudnya kedisiplinan setiap unit kerja sesuai jadwal-jadwal penyelesaian pertanggungjawaban keuangan yang berlaku.
  3. Terjaminnya dokumen pertanggungjawaban keuangan yang auditable dan akuntable.
  4. Terjaminnya opini laporan keuangan “Wajar Tanpa Pengecualian” (WTP).
  5. Terciptanya pengeluaran keuangan yang efektif dan efisien.

Sasaran dan Strategi Pencapaian

  1. Pelayanan Penyelesaian dokumen pertanggungjawaban keuangan
    1. Meningkatkan keahlian staf keuangan,bendahara dan unit kerja melalui pertemuan berkala
    2. Mengikutsertakan staf keuangan dalam pelatihan dan sosialisasi aturan-aturan di bidang keuangan baik di lingkungan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan maupun di kementrian Keuangan.
    3. Menyusun manual Keuangan
    4. Sistem Informasi
  2. Meningkatkan Integrasi sistem keuangan Unair dengan sistem Cyber Campus dan sistem Keuangan Negara
  3. Meningkatkan penyebarluasan kebijakan-kebijakan baru melalui pengumuman online.
  4. Meningkatkan fungsi pelayanan melalui SMS engine.
  5. Menambah fungsi integrasi sistem keuangan dengan menambah modul sistem dokumentasi pengadaan barang dan jasa.
  6. Meningkatan sistem kontrol dokumentasi sistem keuangan negara.
  7. Mengembangkan sistem informasi manajemen untuk mendukung pelayanan keuangan yang berkualitas dan pengambilan keputusan.