Proses pemutakhiran data pegawai Unair

Saat ini di Unair memiliki sumber daya manusia sekitar 2500 pegawai yang terdiri dari dosen dan staf administrasi baik itu PNS, Pegawai Tetap Non PNS, maupun PKWT. Dengan jumlah tersebut bukan tidak mungkin ada kekacauan data dilapangan, seperti misalnya terdapat pegawai/dosen yang sudah pensiun atau meninggal akan tetapi data pegawai tersebut masih aktif, bisa juga tempat dimana pegawai bekerja saat ini tidak sesuai dengan data administrasi yang ada di sistem. Tuntutan agar data pegawai tersebut adalah benar-benar valid dan sesuai dengan keaadaan saat ini adalah tujuan dari pemutakhiran data pegawai yang diadakan oleh Direktorat Keuangan.

Sebenarnya kegiatan pemutakhiran data pegawai yang diselenggarakan mulai tanggal 15, 18 dan 19 Desember 2017 (sesuai dengan Surat Edaran Nomor 597/UN3.6/KU/2017) adalah untuk mengupdate data pegawai untuk kepentingan perpajakan, yang nantinya diharapkan dalam pelaporan SPT nanti akan lebih mudah.

Kegiatan Validasi Data Pegawai

Dalam proses update data pegawai tersebut tidak selalu berjalan lancar, ada saja kelengkapan data wajib yang tidak lengkap seperti NPWP dan nomor KTP,  padahal data tersebut bisa dikatakan sebagai primary key untuk memanggil data. Dengan sedikit ancaman bila data pegawai tersebut tidak lengkap maka pegawai tidak bisa menerima haknya disetiap bulan, maka cara tersebut efektif untuk para pegawai segera memberikan kelengkapan datanya kepada petugas validasi. Harapannya Unair memiliki data pegawai dan dosen yang valid, selalu update dan terintegrasi khususnya dapat memudahkan dalam perhitungan pajak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *