Ruang Mahasiswa

Sebelum mengajukan pertanyaan, mungkin bisa memperhatikan tatacara berikut :

Prosedur Pembayaran yang Terlambat
  1. Mengurus Surat Pengantar Keterlambatan Bayar di Direktorat Pendidikan Kampus C lantai 1
  2. Isi Biodata Mahasiswa dan harus ditandatangani Wakil Dekan I masing-masing Fakultas
  3. Surat Pengantar Keterlambatan Bayar ditukarkan ke Bagian Direktorat Pendidikan kampus C lantai 1 untuk mendapatkan Surat Pengantar Bayar ke Bank
  4. Surat Pengantar Bayar ke Bank diserahkan dan dimintakan buka blokir pembayaran ke Bagian Loket Keuangan Lantai 2
  5. Langsung bayar ke Bank untuk pembayaran yang telah terhutang oleh mahasiswa. Bayar sesuai dengan bank yang tercetak di KTM.
Penarikan biaya SOP Untuk Beasiswa, Yudisium, Kelulusan
  1. Membuat surat permohonan penarikan biaya pendidikan format bebas Kepada Direktur Keuangan Universitas Airlangga
  2. Melampirkan Fotokopi Buku Rekening masing-masing mahasiswa
  3. Melampirkan surat keterangan lulus dari masing-masing Fakultas tanggal kelulusan dan yudisium harus sesuai dengan Peraturan Universitas Airlangga
PROSEDUR PERMOHONAN PENANGGUHAN/PENUNDAAN PEMBATARAN UKT/UKS/SOP
  1. Orang  tua  mengajukan   dan  mengantar   langsung  surat  permohonan    (surat  ditujukan.   Kepada Direktur   Keuangan  Universitas  Airlangga)  yang telah  ditandatangani    orang  tua  dan  mahasiswa yang diketahui   pimpinan  fakulta.s (Wakil  Dekan I).
  2. Melampirkan   surat  keterangan   belum  mempunyai   dana  pada saat pembayaran   yang diketahui oleh  RT/RW sesuai tempat  tinggal
  3. Permohonan    akan   dipertimbangkan   apabila   tidak    ada   tunggakan    pembayaran    semester sebelumnya.
  4. Melengkapi surat pernyataan kesanggupan pelunasan bermaterai sesuai dengan putusan permohonan dimaksud.
  5. Hasil  verifikasi/putusan   lebih  lanjut   diberitahukan    melalui   sms  atau  telepon   orang  tua/wali mahasiswa.
PROSEDUR PERMOHONAN KERINGANAN PEMBAYARAN UKT/UKS/SOP
  1. Orang tua  rnengajukan   dan  mengantar   langsung  surat  permohonan    (surat  ditujukan  Kepada Direktur   Keuangan  Universitas  Airlangga)  yang telah  ditandatangani  orang  tua  dan  mahasiswa yang diketahui   pimpinan  fakultas  (Wakil  Dekan 11),  disertai  alasan dan data  pendukung.
  2. Melampirkan    keterangan   penghasilan/slip    gaji  orang  tua   dari   instansi   bagi  yang  bekerja   di sektor   formal   dan  Surat   Keterangan   penghasilan   dari   RT/RW  bagi  orang   tua  yang  bekerja informal.
  3. Melampirkan    rincian  pendapatan   serta  pengeluaran   dari  penghasilan   orang  tua  dalam  1  (satu)bulan.
  4. Permohonan  akan   dipertimbangkan      apabila   tidak    ada   tunggakan    pembayaran    semester sebelumnya.
  5. Hasil  verifikasi/putusan   lebih   lanjut   diberitanukan   'melalui    sms  atau  telepon   orang  tua/wali

Untuk Mengajukan Pertanyaan KLIK  

atau DOWNLOAD aplikasi android Direktorat Keuangan untuk memperoleh informasi lainnya, bisa gabung di ChatRoom.

Ruang Mahasiswa
No Pertanyaan

1

Dari : Nadiya Putri Damayanti
Email : nadiyaputridamayanti@gmail.com
Pertanyaan :
Tanggal :   2017-06-25
Assalamualaikum wr wb Saya maba vokasi gelombang 1 thn 2017. Saya mau bertanya, untuk pembayaran UKA apakah boleh dicicil ? Karena saya penerima bidikmisi tahun 2017, namun katanya jalur vokasi UNAIR 2017 tidak dapat mengajukan bidikmisi. Jika benar boleh dicicil, perlengkapan dan persyaratan apa yang harus saya penuhi ? Mohon bantuannya Terimakasih Wassalamualaikum wr wb
Jawab :
Penjawab :

2

Dari : SHIVA KHOIRUN NISA
Email : shivakns21@gmail.com
Pertanyaan :
Tanggal :   2017-06-24
selamat pagi. saya maba mandiri bidikmisi 2017. apakah saya harus membayar biaya UKA & UKS terlebih dahulu untuk mendapatkan jadwal tes ketunaan & jadwal tes ELPT di website regmaba?? sampai saat ini saya sudah melakukan registrasi mengisi biodata & upload berkas. saya juga sudah mendapatkan jadwal verifikasi pendidikan. apakah nanti yg maba bidikmisi akan mendapatkan invoice setelah maba reguler selesai membayar semua?
Jawab :
Penjawab :

3

Dari : laurentia
Email : laurentiaagatha@gmail.com
Pertanyaan :
Tanggal :   2017-06-23
Apa benar Batas pembayaran UKT untuk calon maba 23 juni 2017 ya? Terimakasih
Jawab :
Penjawab :

4

Dari : Adib Minanurohman
Email : adib05minanurohman@gmail.com
Pertanyaan :
Tanggal :   2017-06-19
Saya ingin tanya, atas dasar apa ya saya dikenakan UKT Rp3.500.000? Penghasilan orangtua saya Rp1.250.000, nilai PBB juga sudah saya jelaskan bahwa ditanggung dua orang, begitupula tagihan rekening listrik. Kemudian saya juga melampirkan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dan juga Surat Kematian ibu saya. Kami merasa keberatan dengan UKT tersebut. Apakah UKT saya tidak bisa diturunkan? Apa terjadi kesalahan verifikator atau bagaimana? Bagaimana langkah yang saya lakukan untuk menurunkan UKT? Saya maba Unair jalur SBMPTN, yang pada 16 Juni 2017 kemarin datang ke bagian kemahasiswaan untuk mengajukan beasiswa bidikmisi. Saya tidak paham, atas dasar apa UKT saya bisa sebesar itu. Mohon dijawab. Terima kasih.
Jawab :
Silakan mengajukan pertanyaan serupa dengan menyebutkan nomor tes di http://ditkeu.unair.ac.id/tanyaditkeu/. Terima Kasih
Penjawab : Agus Hafiludin

5

Dari : Rosa A.U.
Email : nifhazarosalia99@gmail.com
Pertanyaan :
Tanggal :   2017-06-18
Tanggal 21 Juni 2017 nanti disuruh ambil ktm bagi maba snmptn di bank cabang unair masing masing. Apakah betul begitu? Apa tidak ada perubahan tempat?
Jawab :
Silakan melaksanakan arahan sesuai yang ada di pengumuman.
Penjawab : Agus Hafiludin

6

Dari : Nirwana
Email : Nirwanautamikadir@gmail.com
Pertanyaan :
Tanggal :   2017-06-16
Mau tanya seputar pendaftaran mandiri sarjana unair. Kok surat keterangan buta warna aku gak diterima?. Apa krna aku periksanya di klinik jdi gak diterima? Atau harus periksa di spesualis mata?
Jawab :
Penjawab :

7

Dari : Calvin Nathan Wijaya
Email : c4lvin19@gmail.com
Pertanyaan :
Tanggal :   2017-06-16
Permisi, saya Maba Unair. Mau tanya: Untuk pengisian NIK itu sesuai kartu keluarga atau KTP? Karena saya baru buat KTP dan dapat NIK baru.
Jawab :
ya diisi yg baru aja
Penjawab : Agus Hafiludin

8

Dari : Rekha Finazis
Email : finazisrekha@gmail.com
Pertanyaan :
Tanggal :   2017-06-16
Apa kriteria mahasiswa yg dapat mengajukan Penarikan biaya SOP Untuk Yudisium/ Kelulusan? Apakah jika mahasiswa telah lulus sidang tetapi belum yudisium dapat mengajukan permohonan penarikan biaya SOP?
Jawab :
Tidak, harus yudisium dulu
Penjawab : Martiana Hakim, SE

9

Dari : Ruth Marcelyna
Email : ruthndoen5@gmail.com
Pertanyaan :
Tanggal :   2017-06-16
Selamat siang. Saya maba tahun 2017. Saya mau tanya masalah foto rumah tampak depan yg diupload di regmaba. Apakah fotonya harus diambil sampai kelihatan atapnya? Karena klu difoto sampai atap secara keseluruhan nomor/blok rumah tidak terlihat. Mohon solusinya. Terimakasih
Jawab :
iya difoto dua kali, bisa kok diupload 2 foto
Penjawab : Agus Hafiludin

10

Dari : Naila adibah
Email : adibahnaila.na@gmail.com
Pertanyaan :
Tanggal :   2017-06-15
Saya camaba pendidikan dokter unair 2017, apakah bisa diberitahukan kriteria yang dikenai ukt 1,2,3,4,5? Apabila ukt yang diwajibkan dari daftar ulang pertama dirasa berat untuk orang tua saya apakah bisa mengajukan keringanan?
Jawab :
Sistem Keuangan UKT menilai berdasarkan aset, pendapatan dan dari keadaan2 lain orangtua atau wali yang membiayai kuliah saudara. Untuk semester 1, UKT sudah ditetapkan final dan yang harus dibayarkan. Jika ingin mengajukan banding atau keringanan bisa diajukan setelah semester 1 dengan memberikan dokumen penunjang dan alasan yang rasional.
Penjawab : Agus Hafiludin

11

Dari : Faisal
Email : faisalfirmans001@gmail.com
Pertanyaan :
Tanggal :   2017-06-15
Saya caMaba SBMPTN, gaji kotor ayah saya 5,7 jt namun gaji bersih nya 1,2 jt untuk 3 tahun ke depan Jika dilihat dari bruto maka UKT yg saya dptkan bisa lebih dari UKT 4 Apakah ada keringanan untuk mendapatkan UKT yg lebih.rendah dr UKT 4? Terimakasih
Jawab :
Sistem Verifikasi Keuangan menghitung pendapatan bruto, kalaupun ada potongan2 yg menyebabkan turunnya pendapatan bersih, tetapi tetap potongan trsebut sebagian besar akan kembali lagi ke aset orang tua.
Penjawab : Agus Hafiludin

12

Dari : Alif Hamzah Amirullah
Email : hmzhamirullah@gmail.com
Pertanyaan :
Tanggal :   2017-06-13
Apakah bidikmisi 2013 yg lulus belum tepat waktu itu bayar ulang seperti semester pertama ? Terus, kalau dapat bidikmisi dari SMA/pertama masuk (tanpa bayar ukt) itu bagaimana ? Apa ada perbedaan yg dapat bidikmisi dari SMA dengan mhs bidikmisi yg bayar UKT awal sebelum dapat bidikmisi ?
Jawab :
Penjawab :

13

Dari : Alif Hamzah Amirullah
Email : Hmzhamirullah@gmail.com
Pertanyaan :
Tanggal :   2017-06-08
Saya alif hamzah amirullah, jurusan sastra indonesia, angkatan 2013 , Bagaimana cara menurunkan ukt bagi mahasiswa/banding ukt ?
Jawab :
1.Orang tua mengajukan dan mengantar langsung surat permohonan (surat ditujukan. Kepada Direktur Keuangan Universitas Airlangga) yang telah ditandatangani orang tua dan mahasiswa yang diketahui pimpinan fakulta.s (Wakil Dekan I). 2. Melampirkan surat keterangan belum mempunyai dana pada saat pembayaran yang diketahui oleh RT/RW sesuai tempat tinggal 3.Permohonan akan dipertimbangkan apabila tidak ada tunggakan pembayaran semester sebelumnya. 4.Melengkapi surat pernyataan kesanggupan pelunasan bermaterai sesuai dengan putusan permohonan dimaksud. 5.Hasil verifikasi/putusan lebih lanjut diberitahukan melalui sms atau telepon orang tua/wali mahasiswa.
Penjawab : Agus Hafiludin

14

Dari : R.A. Gabby Novikadarti Rahmah
Email : ra.gabbynr@gmail.com
Pertanyaan :
Tanggal :   2017-06-07
Selamat pagi, Saya calon Maba Magister Keperawatan 2017/2018. Saya juga mendapat Beasiswa dari LPDP dan sedang mengurus kontrak beasiswa. Berdasarkan pedoman, pengurusan kontrak beasiswa kami akan selesai dalam 10 hari kerja. Apabila urusan kontrak saya belum selesai sampai dengan batas akhir pendaftaran ulang, saya ingin mengajukan permohonan penundaan pembayaran biaya pendidikan. Untuk itu, bagaimana prosedurnya dan kelengkapan apa saja yang harus saya sertakan sebagai pertimbangan DitKeu ? Atas arahan serta jawabannya, saya ucapkan banyak terima kasih.
Jawab :
Untuk mhs penerima beasiswa LPDP wajib menunjukkan LOS (Letter of sponsorship). Selama tidak dapat menunjukkan LOS saat pendaftaran ulang maka mhs wajib membayar sesuai dengan ketentuan.
Penjawab : Martiana Hakim, SE

15

Dari : Thifal Alya
Email : thifalalyaa@gmail.com
Pertanyaan :
Tanggal :   2017-06-01
Apabila di semester 2 saya sudah mengajukan penurunan UKT dan disetujui tapi masih dirasa berat, apakah saya masih bisa mengajukan penurunan UKT lagi? Terimakasih
Jawab :
Tergantung kasusnya.
Penjawab : Agus Hafiludin

16

Dari : Dian Yosalina
Email : dianyosalina68@gmail.com
Pertanyaan :
Tanggal :   2017-06-01
saya mahasiswa semester 2, jika ingin mengajukan keringanan UKT , berkas atau surat apa saja yg harus saya siapkan? Terimakasih
Jawab :
Bawa berkas yang bisa menunjukkan bahwa pantas untuk diturunkan UKTnya
Penjawab : Agus Hafiludin

17

Dari : Mutiara Ramanti
Email : mutiaramanti@gmail.com
Pertanyaan :
Tanggal :   2017-05-10
Selamat sore, apakah pembayaran UKT untuk camaba SNMPTN 2017 bisa dilakukan melalui ATM ? terima kasih. mohon info nya
Jawab :
Bisa sekali.
Penjawab : Agus Hafiludin

18

Dari : Andreiw Yogi Prasetya
Email : andreiwyogi66@gmail.com
Pertanyaan :
Tanggal :   2017-05-09
Assalamualaikuum, saya maba dengan ukt 8juta yang cukup memberatkan keluarga saya. Memang ayah saya pns golongan IV, tetapi penghasilan bersihnya hanya 2,5 juta atau separuh dari gaji brutto. Dan cicilan di bank sebesar 10jt. Mohon bantuan keringanannya. Terimakasih, Wassalamualaikum
Jawab :
Informasi Seputar Penetapan UKT : 1. Untuk semester 1(satu) putusan UKT adalah bersifat final. Silakan melakukan pembayaran seperti yang tertera pada invoice. 2. Perubahan besaran UKT dapat diajukan nanti di semester 2 (dua) dengan mengajukan surat permohonan ditujukan kepada Direktur Keuangan beserta data dukung yang relevan. 3. Pada dasarnya penentuan UKT tidak hanya didasarkan atas penghasilan orangtua, tetapi juga dari data lain yang juga berfungsi sebagai indikator penilaian besaran UKT. Jika ada pertanyaan silakan dilakukan melalui fasilitas TanyaDitkeu di : www.ditkeu.unair.ac.id/tanyaditkeu Terima Kasih
Penjawab : Agus Hafiludin

19

Dari : Nabila Nur Masitha Izzul Islam
Email : nabila_masitha@yahoo.co.id
Pertanyaan :
Tanggal :   2017-05-07
Total penghasilan kedua orangtua saya 3,7 jt. Pekerjaan ayah sopir pick up panggilan, kalau untuk bayar UKT sebesar 9,5 jt sepertinya sangat keberatan. Kalau admin melihat SPPT PBB itu dibagi 7 orang, karena luas tanah yang ditempati orang tua saya 5 m x 7,7 m = 38,5 m^2. Demikian mohon dipertimbangkan
Jawab :
Informasi Seputar Penetapan UKT : 1. Untuk semester 1(satu) putusan UKT adalah bersifat final. Silakan melakukan pembayaran seperti yang tertera pada invoice. 2. Perubahan besaran UKT dapat diajukan nanti di semester 2 (dua) dengan mengajukan surat permohonan ditujukan kepada Direktur Keuangan beserta data dukung yang relevan. 3. Pada dasarnya penentuan UKT tidak hanya didasarkan atas penghasilan orangtua, tetapi juga dari data lain yang juga berfungsi sebagai indikator penilaian besaran UKT. Jika ada pertanyaan silakan dilakukan melalui fasilitas TanyaDitkeu di : www.ditkeu.unair.ac.id/tanyaditkeu Terima Kasih
Penjawab : Agus Hafiludin

20

Dari : muhammad nashrullah
Email : muhammadnashrullah1922@gmail.com
Pertanyaan :
Tanggal :   2017-05-06
Kak mw tnyak. Aku camaba FF unair kak. Aku bukan peserta bidik misi, pekerjaan ortuku buruh tani, penghasilan ortuku 500.000/bln, trus aku dpt UKT 5000.000 kak. Nah itu gmna? Apakah mungkin ada kesalahan dari pihak verifikator?
Jawab :
Informasi Seputar Penetapan UKT : 1. Untuk semester 1(satu) putusan UKT adalah bersifat final. Silakan melakukan pembayaran seperti yang tertera pada invoice. 2. Perubahan besaran UKT dapat diajukan nanti di semester 2 (dua) dengan mengajukan surat permohonan ditujukan kepada Direktur Keuangan beserta data dukung yang relevan. 3. Pada dasarnya penentuan UKT tidak hanya didasarkan atas penghasilan orangtua, tetapi juga dari data lain yang juga berfungsi sebagai indikator penilaian besaran UKT. Jika ada pertanyaan silakan dilakukan melalui fasilitas TanyaDitkeu di : www.ditkeu.unair.ac.id/tanyaditkeu Terima Kasih
Penjawab : Agus Hafiludin

21

Dari : KaruniaTripuspa Noviani
Email : karunia9318@gmail.com
Pertanyaan :
Tanggal :   2017-05-06
Untuk maba 2017/2018 apakah banding penurunan ukt bisa dilakukan mulai awal? Terimakasih.
Jawab :
Informasi Seputar Penetapan UKT : 1. Untuk semester 1(satu) putusan UKT adalah bersifat final. Silakan melakukan pembayaran seperti yang tertera pada invoice. 2. Perubahan besaran UKT dapat diajukan nanti di semester 2 (dua) dengan mengajukan surat permohonan ditujukan kepada Direktur Keuangan beserta data dukung yang relevan. 3. Pada dasarnya penentuan UKT tidak hanya didasarkan atas penghasilan orangtua, tetapi juga dari data lain yang juga berfungsi sebagai indikator penilaian besaran UKT. Jika ada pertanyaan silakan dilakukan melalui fasilitas TanyaDitkeu di : www.ditkeu.unair.ac.id/tanyaditkeu Terima Kasih
Penjawab : Agus Hafiludin

22

Dari : makrom ubaid
Email : makromu@gmail.com
Pertanyaan :
Tanggal :   2017-05-01
uang spp saya per semester 3.500.000. kalau boleh tau dibuat apa aja ya? mungkin ada rincian data pembayaran. trims
Jawab :
yang benar SOP, adalah akronim dari Sumbangan Operasional Pendidikan. Kalau pertanyaan rincian dibuat apa aja, jawabannya adalah untuk operasional pendidikan, seprti honor pegawai, sumber daya, fasilitas dll.
Penjawab : Agus Hafiludin

23

Dari : Putri permata jaya
Email : Putripermatajaya134@gmail.com
Pertanyaan :
Tanggal :   2017-04-22
Selamat malam.saya ingin bertanya..untuk mahasiswa semester akhir yg hanya tersisa 9 sks apa harus membayar ukt secara penuh atau bisa mengajukan pemotongan ukt.terima kasih
Jawab :
Tidak ada pengecualian, harus dibayar penuh. Terima Kasih
Penjawab : Martiana Hakim, SE

24

Dari : SINTA CHOIRUNISSA
Email : fsintachoirunissa@gmail.com
Pertanyaan :
Tanggal :   2017-03-22
Assalamualaykum Saya mau bertanya ayah sudah meninggal dan saya ingin mengajukan keringanan UKT karena ibu juga tidak bekerja. Tapi status ayah ketika meninggal adalah sudah pensiun 3 tahun lalu sehingga untuk slip ggaji sudah tidak ada. Bagaimana solusinya ?
Jawab :
Silakan mengajukan surat saja ke Direktur Keuangan mengenai kondisi ekonomi keluarga saat ini. Nanti soal disetujui atau tidak akan segera kita hubungi.
Penjawab : Agus Hafiludin

25

Dari : Dhika Narendra
Email : dhika2795@gmail.com
Pertanyaan :
Tanggal :   2017-02-22
Bapak / Ibuk, saya ingin menyakan mengenai pengembalian uang SOP yang sudah saya bayar, mohon infonya mengenai apa saja syarat-syarat yang perlu saya siapkan dan langakah apa yang perlu saya lakukan?. Terimakasih atas perhatianyya Pak / Buk..
Jawab :
Kalau pengembalian SOP yang dimaksud karena mendapat beasiswa maka syaratnya adalah dengan membuat Surat Permohonan kepada Direktur Keuangan diengan dilampirkan fotocopy buku rekening. Sedangkan pengembalian SOP karena sudah lulus, maka syaratnya adalah dengan membuat surat permohonan kepada Direktur Keuangan dilampirkan fotocopy buku rekening dan fotocopy SKL.
Penjawab : Nova Rizal

26

Dari : Yusuf
Email : Nugrohotusuf136@yahoo.com
Pertanyaan :
Tanggal :   2017-02-15
Pak/Bu saya terlambat melakukan pembayaran SPP. Apakah untuk mengurus proses surat pengantar pembukaan blokir dalam waktu 1 hari bisa langsung jadi? Dan untuk pembayaran apakah bisa saat itu juga. Terima kasih
Jawab :
Selama belum habis masa KRS maka keterlambatan bisa dilakukan buka blokir ke registrasi pendidikan Rektorat. Lalu ke Direktorat Keuangan di loket Perbendaharaan untuk diberikan waktu untuk membayar atas keterlambatan. 1 hari jadi.
Penjawab : Agus Hafiludin

27

Dari : Woro Intani
Email : woro.intani@gmail.com
Pertanyaan :
Tanggal :   2017-02-14
Maaf untuk keterlambatan pembayaran sop apakah hanya dapat dilakukan melalui bank cabang unair saja dan tidak dapat dilakukan di bank mana saja terimakasih
Jawab :
Tetap, pembayaran bisa dilakukan di bank cabang seluruh Indonesia
Penjawab : Agus Hafiludin

28

Dari : Dicky Harvana
Email : dickyagung02@gmail.com
Pertanyaan :
Tanggal :   2017-02-14
Selamat Siang, Saya terlambat membayar UKT yg seharusnya dibayarkan pada tanggal 10 kemarin, namun ketika tadi saya ingin membayar melalui bank sudah tidak bisa. Apakah bisa saya membayar ukt tanpa datang sebelumnya ke gedung rektorat? Karena saya masih di luar kota dan belum memungkinkan untuk ke Surabaya Terima Kasih.
Jawab :
Selama belum habis masa KRS maka keterlambatan bisa dilakukan buka blokir ke registrasi pendidikan Rektorat. Lalu ke Direktorat Keuangan di loket Perbendaharaan untuk diberikan waktu untuk membayar atas keterlambatan.
Penjawab : Agus Hafiludin

29

Dari : Lita dwi agustina
Email : Leetha_anguilarum@yahoo.com
Pertanyaan :
Tanggal :   2017-02-14
Assalamualaikum, pak saya ingin menanyakan, apakah masih bisa dilakukan pengajuan perpanjangan waktu pembayaran saat ini? Jika tidak bisa, maksimal berapa lama waktu keterlambatan pembayaran SOP? Dikarenakan belum punya ckup uang untuk pembayaran SOP.
Jawab :
Selama belum habis masa KRS maka keterlambatan bisa dilakukan buka blokir ke registrasi pendidikan Rektorat. Lalu ke Direktorat Keuangan di loket Perbendaharaan untuk diberikan waktu untuk membayar atas keterlambatan.
Penjawab : Agus Hafiludin

30

Dari : Chandra Indah Ratna
Email : chandraindahrobs@gmail.com
Pertanyaan :
Tanggal :   2017-02-13
Yth. Bapak/Ibu. Saya ingin menanyakan perihal keterlambatan pembayaran UKT. 1. Apakah bisa jika saya langsung membayar UKT melalui bank besok, sementara saya belum membuat surat pernyataan keterlambatan pembayaran ke rektorat? 2. Saya belum bisa mengurus surat-surat karena sedang dalam masa penyembuhan pasca operasi. Tadi saya minta tolong kepada teman untuk membuatkan surat pernyataan tersebut, tetapi ternyata tidak diperbolehkan. Mohon diberikan jawaban dan solusinya. Terima kasih.
Jawab :
bawa surat keterangan sakit dan foto kopi ktp dan KTM asli ke pendidikan kampus c. dlampirkan dalam surat pernyataan keterlambatan.
Penjawab : Nova Rizal

31

Dari : brina dita lestari
Email : brina.dita-13@unair.ac.id
Pertanyaan :
Tanggal :   2017-02-12
Pak/bu saya mau bertanya. Hari jumat tanggal 10 feb 2017, saya mengumpulkan keterangan slip gaji orang tua kepada bapak agus sesuai syarat penurunan ukt setiap semester (saya peserta banding ukt). Tetapi saat itu bapak agus lg kerja lapangan. Lalu disuruh bikin surat pengantar. Tetapi sampai sekarang nominal ukt saya di cyber masih tetap dan saya belom membayarnya. Bagaimana solusinya? Terima kasih
Jawab :
Apa belum menerima SMS pemberitahuan dari Dir. Keuangan di ponsel sesuai yang di cybercampus? Kalau belum bisa menghubungi 5914042-ext.221 dengan menyebutkan NIM
Penjawab : Agus Hafiludin

32

Dari : luqman
Email : mandervaart@gmail.com
Pertanyaan :
Tanggal :   2017-02-10
bagaimana cara membayar SOP terlambat? dikarenakan lewat atm tidak bisa hari ini
Jawab :
Bisa hari senin melakukan pembayaran, tapi sebelumnya buka blokir dulu ke registrasi pendidikan di rektorat kampus C
Penjawab : Agus Hafiludin

33

Dari : Reza Esach Alfaritzi
Email : esacreza13@gmail.com
Pertanyaan :
Tanggal :   2017-02-10
Saya terlambat untuk membayar SPP/SOP, proses yg harus saya lalui bagaimana supaya saya bisa ikut serta melakukan input KRS tgl 15 februari besok? Terima kasih
Jawab :
Bisa hari senin melakukan pembayaran, tapi sebelumnya buka blokir ke registrasi pendidikan rektorat
Penjawab : Agus Hafiludin