Ruang Mahasiswa

Sebelum mengajukan pertanyaan, mungkin bisa memperhatikan tatacara berikut :

Prosedur Pembayaran yang Terlambat
  1. Mengurus Surat Pengantar Keterlambatan Bayar di Direktorat Pendidikan Kampus C lantai 1
  2. Isi Biodata Mahasiswa dan harus ditandatangani Wakil Dekan I masing-masing Fakultas
  3. Surat Pengantar Keterlambatan Bayar ditukarkan ke Bagian Direktorat Pendidikan kampus C lantai 1 untuk mendapatkan Surat Pengantar Bayar ke Bank
  4. Surat Pengantar Bayar ke Bank diserahkan dan dimintakan buka blokir pembayaran ke Bagian Loket Keuangan Lantai 2
  5. Langsung bayar ke Bank untuk pembayaran yang telah terhutang oleh mahasiswa. Bayar sesuai dengan bank yang tercetak di KTM.
Penarikan biaya SOP Untuk Beasiswa, Yudisium, Kelulusan
  1. Membuat surat permohonan penarikan biaya pendidikan format bebas Kepada Direktur Keuangan Universitas Airlangga
  2. Melampirkan Fotokopi Buku Rekening masing-masing mahasiswa
  3. Melampirkan surat keterangan lulus dari masing-masing Fakultas tanggal kelulusan dan yudisium harus sesuai dengan Peraturan Universitas Airlangga
PROSEDUR PERMOHONAN PENANGGUHAN/PENUNDAAN PEMBATARAN UKT/UKS/SOP
  1. Orang  tua  mengajukan   dan  mengantar   langsung  surat  permohonan    (surat  ditujukan.   Kepada Direktur   Keuangan  Universitas  Airlangga)  yang telah  ditandatangani    orang  tua  dan  mahasiswa yang diketahui   pimpinan  fakulta.s (Wakil  Dekan I).
  2. Melampirkan   surat  keterangan   belum  mempunyai   dana  pada saat pembayaran   yang diketahui oleh  RT/RW sesuai tempat  tinggal
  3. Permohonan    akan   dipertimbangkan   apabila   tidak    ada   tunggakan    pembayaran    semester sebelumnya.
  4. Melengkapi surat pernyataan kesanggupan pelunasan bermaterai sesuai dengan putusan permohonan dimaksud.
  5. Hasil  verifikasi/putusan   lebih  lanjut   diberitahukan    melalui   sms  atau  telepon   orang  tua/wali mahasiswa.
PROSEDUR PERMOHONAN KERINGANAN PEMBAYARAN UKT/UKS/SOP
  1. Orang tua  rnengajukan   dan  mengantar   langsung  surat  permohonan    (surat  ditujukan  Kepada Direktur   Keuangan  Universitas  Airlangga)  yang telah  ditandatangani  orang  tua  dan  mahasiswa yang diketahui   pimpinan  fakultas  (Wakil  Dekan 11),  disertai  alasan dan data  pendukung.
  2. Melampirkan    keterangan   penghasilan/slip    gaji  orang  tua   dari   instansi   bagi  yang  bekerja   di sektor   formal   dan  Surat   Keterangan   penghasilan   dari   RT/RW  bagi  orang   tua  yang  bekerja informal.
  3. Melampirkan    rincian  pendapatan   serta  pengeluaran   dari  penghasilan   orang  tua  dalam  1  (satu)bulan.
  4. Permohonan  akan   dipertimbangkan      apabila   tidak    ada   tunggakan    pembayaran    semester sebelumnya.
  5. Hasil  verifikasi/putusan   lebih   lanjut   diberitanukan   'melalui    sms  atau  telepon   orang  tua/wali

Untuk Mengajukan Pertanyaan KLIK  

atau DOWNLOAD aplikasi android Direktorat Keuangan untuk memperoleh informasi lainnya, bisa gabung di ChatRoom.

Ruang Mahasiswa
No Pertanyaan

1

Dari : Putri permata jaya
Email : Putripermatajaya134@gmail.com
Pertanyaan :
Tanggal :   2017-04-22
Selamat malam.saya ingin bertanya..untuk mahasiswa semester akhir yg hanya tersisa 9 sks apa harus membayar ukt secara penuh atau bisa mengajukan pemotongan ukt.terima kasih
Jawab :
Tidak ada pengecualian, harus dibayar penuh. Terima Kasih
Penjawab : Martiana Hakim, SE

2

Dari : SINTA CHOIRUNISSA
Email : fsintachoirunissa@gmail.com
Pertanyaan :
Tanggal :   2017-03-22
Assalamualaykum Saya mau bertanya ayah sudah meninggal dan saya ingin mengajukan keringanan UKT karena ibu juga tidak bekerja. Tapi status ayah ketika meninggal adalah sudah pensiun 3 tahun lalu sehingga untuk slip ggaji sudah tidak ada. Bagaimana solusinya ?
Jawab :
Silakan mengajukan surat saja ke Direktur Keuangan mengenai kondisi ekonomi keluarga saat ini. Nanti soal disetujui atau tidak akan segera kita hubungi.
Penjawab : Agus Hafiludin

3

Dari : Dhika Narendra
Email : dhika2795@gmail.com
Pertanyaan :
Tanggal :   2017-02-22
Bapak / Ibuk, saya ingin menyakan mengenai pengembalian uang SOP yang sudah saya bayar, mohon infonya mengenai apa saja syarat-syarat yang perlu saya siapkan dan langakah apa yang perlu saya lakukan?. Terimakasih atas perhatianyya Pak / Buk..
Jawab :
Kalau pengembalian SOP yang dimaksud karena mendapat beasiswa maka syaratnya adalah dengan membuat Surat Permohonan kepada Direktur Keuangan diengan dilampirkan fotocopy buku rekening. Sedangkan pengembalian SOP karena sudah lulus, maka syaratnya adalah dengan membuat surat permohonan kepada Direktur Keuangan dilampirkan fotocopy buku rekening dan fotocopy SKL.
Penjawab : Nova Rizal

4

Dari : Yusuf
Email : Nugrohotusuf136@yahoo.com
Pertanyaan :
Tanggal :   2017-02-15
Pak/Bu saya terlambat melakukan pembayaran SPP. Apakah untuk mengurus proses surat pengantar pembukaan blokir dalam waktu 1 hari bisa langsung jadi? Dan untuk pembayaran apakah bisa saat itu juga. Terima kasih
Jawab :
Selama belum habis masa KRS maka keterlambatan bisa dilakukan buka blokir ke registrasi pendidikan Rektorat. Lalu ke Direktorat Keuangan di loket Perbendaharaan untuk diberikan waktu untuk membayar atas keterlambatan. 1 hari jadi.
Penjawab : Agus Hafiludin

5

Dari : Woro Intani
Email : woro.intani@gmail.com
Pertanyaan :
Tanggal :   2017-02-14
Maaf untuk keterlambatan pembayaran sop apakah hanya dapat dilakukan melalui bank cabang unair saja dan tidak dapat dilakukan di bank mana saja terimakasih
Jawab :
Tetap, pembayaran bisa dilakukan di bank cabang seluruh Indonesia
Penjawab : Agus Hafiludin

6

Dari : Dicky Harvana
Email : dickyagung02@gmail.com
Pertanyaan :
Tanggal :   2017-02-14
Selamat Siang, Saya terlambat membayar UKT yg seharusnya dibayarkan pada tanggal 10 kemarin, namun ketika tadi saya ingin membayar melalui bank sudah tidak bisa. Apakah bisa saya membayar ukt tanpa datang sebelumnya ke gedung rektorat? Karena saya masih di luar kota dan belum memungkinkan untuk ke Surabaya Terima Kasih.
Jawab :
Selama belum habis masa KRS maka keterlambatan bisa dilakukan buka blokir ke registrasi pendidikan Rektorat. Lalu ke Direktorat Keuangan di loket Perbendaharaan untuk diberikan waktu untuk membayar atas keterlambatan.
Penjawab : Agus Hafiludin

7

Dari : Lita dwi agustina
Email : Leetha_anguilarum@yahoo.com
Pertanyaan :
Tanggal :   2017-02-14
Assalamualaikum, pak saya ingin menanyakan, apakah masih bisa dilakukan pengajuan perpanjangan waktu pembayaran saat ini? Jika tidak bisa, maksimal berapa lama waktu keterlambatan pembayaran SOP? Dikarenakan belum punya ckup uang untuk pembayaran SOP.
Jawab :
Selama belum habis masa KRS maka keterlambatan bisa dilakukan buka blokir ke registrasi pendidikan Rektorat. Lalu ke Direktorat Keuangan di loket Perbendaharaan untuk diberikan waktu untuk membayar atas keterlambatan.
Penjawab : Agus Hafiludin

8

Dari : Chandra Indah Ratna
Email : chandraindahrobs@gmail.com
Pertanyaan :
Tanggal :   2017-02-13
Yth. Bapak/Ibu. Saya ingin menanyakan perihal keterlambatan pembayaran UKT. 1. Apakah bisa jika saya langsung membayar UKT melalui bank besok, sementara saya belum membuat surat pernyataan keterlambatan pembayaran ke rektorat? 2. Saya belum bisa mengurus surat-surat karena sedang dalam masa penyembuhan pasca operasi. Tadi saya minta tolong kepada teman untuk membuatkan surat pernyataan tersebut, tetapi ternyata tidak diperbolehkan. Mohon diberikan jawaban dan solusinya. Terima kasih.
Jawab :
bawa surat keterangan sakit dan foto kopi ktp dan KTM asli ke pendidikan kampus c. dlampirkan dalam surat pernyataan keterlambatan.
Penjawab : Nova Rizal

9

Dari : brina dita lestari
Email : brina.dita-13@unair.ac.id
Pertanyaan :
Tanggal :   2017-02-12
Pak/bu saya mau bertanya. Hari jumat tanggal 10 feb 2017, saya mengumpulkan keterangan slip gaji orang tua kepada bapak agus sesuai syarat penurunan ukt setiap semester (saya peserta banding ukt). Tetapi saat itu bapak agus lg kerja lapangan. Lalu disuruh bikin surat pengantar. Tetapi sampai sekarang nominal ukt saya di cyber masih tetap dan saya belom membayarnya. Bagaimana solusinya? Terima kasih
Jawab :
Apa belum menerima SMS pemberitahuan dari Dir. Keuangan di ponsel sesuai yang di cybercampus? Kalau belum bisa menghubungi 5914042-ext.221 dengan menyebutkan NIM
Penjawab : Agus Hafiludin

10

Dari : luqman
Email : mandervaart@gmail.com
Pertanyaan :
Tanggal :   2017-02-10
bagaimana cara membayar SOP terlambat? dikarenakan lewat atm tidak bisa hari ini
Jawab :
Bisa hari senin melakukan pembayaran, tapi sebelumnya buka blokir dulu ke registrasi pendidikan di rektorat kampus C
Penjawab : Agus Hafiludin

11

Dari : Reza Esach Alfaritzi
Email : esacreza13@gmail.com
Pertanyaan :
Tanggal :   2017-02-10
Saya terlambat untuk membayar SPP/SOP, proses yg harus saya lalui bagaimana supaya saya bisa ikut serta melakukan input KRS tgl 15 februari besok? Terima kasih
Jawab :
Bisa hari senin melakukan pembayaran, tapi sebelumnya buka blokir ke registrasi pendidikan rektorat
Penjawab : Agus Hafiludin