Koordinasi dan Pembahasan Program Kerja SDGs Center Unair

Posted by: ditkeuua Comments: 0

DITKEU NEWS – Sustainable Development Goals (SDGs) menjadi topik yang semakin penting dalam konteks global saat ini. Seluruh negara di dunia berupaya untuk mencapai tujuan-tujuan SDGs, termasuk di Indonesia. Salah satu lembaga pendidikan di Indonesia yang berupaya aktif dalam mencapai SDGs adalah Universitas Airlangga (Unair), dimana pada tanggal 20 Maret 2022 telah mendirikan SDGs Center sebagai komitmen dalam mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan tahun 2030 yang dicanangkan oleh PBB.

Untuk mengakomodasi berbagai kebutuhan dalam mewujudkan dan melaksanakan program Kerja Unit SDGs Center Unair, Direktorat Keuangan dalam hal ini diwakili oleh Subdit Anggaran dan Subdit Perbendaharaan mengadakan rapat Koordinasi Finalisasi Anggaran SDGs Center pada Rabu (8/02/2023).

Ada beberapa program kerja SDGs  Center Unair yang menjadi pembahasan, antara lain dengan membuat Sustainability Report Unair, melakukan benchmarking SDGs, partisipasi dalam program Duta Kampus Indonesia, Workshop THE Impact ranking, SDGs Festival, Pengmas SDGs dan pembuatan buku panduan pelaksanaan SDGs Unair.

  • Sustainability Report Unair

Salah satu bentuk inisiatif yang dilakukan Universitas untuk memperluas dampak dari aktivitas SDGs Universitas serta menyebarluaskan bahwa Universitas telah melakukan aktivitas SDGs adalah melalui pembuatan Sustainability Report. Materi dari sustainability report berisi laporan dari kegiatan SDGs Universitas selama satu tahun berjalan .Dengan membuat Sustainability Report Unair, Unair berupaya untuk menjaga kinerjanya dalam aspek yang menjadi tujuan SDGs.

  • Benchmarking SDGs

Selain itu, Unair juga melakukan benchmarking SDGs dengan institusi pendidikan di Indonesia maupun di luar negeri. Benchmarking ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana institusi pendidikan lain dalam mencapai SDGs, serta membandingkan kinerja Unair dengan institusi pendidikan lain tersebut. Dari hasil benchmarking, Unair dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan dalam mencapai SDGs, sehingga dapat memperbaiki kinerjanya.

  • Partisipasi Duta Kampus Indonesia

Sebagai bentuk kontribusi Universitas Airlangga dalam pencapaian kemitraan untuk tujuan pada SDGs 17, maka SDGs Center berinisiatif untuk melakukan partisipasi kepada SDGs Indonesia yang dilaksanakan oleh Bappenas dengan mengirimkan perwakilan duta kampus. Partisipasi duta kampus pada SDGs Indonesia merupakan inisiatif SDGs Center untuk memperluas iklim SDGs di luar lingkungan Universitas Airlangga. Perguruan tinggi harus mampu memberikan manfaat keberadaannya melalui aktivitas tri dharma yang berfokus pada SDGs. Dengan adanya program ini, SDGs Center dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan mitra kerjasama untuk mengambil langkah kedepan dalam pembuatan program yang bisa memberikan impact yang besar bagi universitas baik tingkat nasional maupun internasional.

  • Workshop THE Impact ranking

Workshop THE Impact ranking adalah kegiatan yang dilakukan oleh Universitas Airlangga (Unair) dalam upaya meningkatkan kinerjanya dalam mencapai Sustainable Development Goals (SDGs). Kegiatan ini berfokus pada penilaian kinerja Unair dalam aspek lingkungan, sosial, dan ekonomi, sehingga Unair dapat mengetahui sejauh mana kinerjanya dalam mencapai SDGs dan mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan.

Workshop ini juga memberikan informasi dan panduan kepada staf dan mahasiswa Unair dalam melaksanakan program-program yang berkontribusi pada pencapaian SDGs. Dengan mengikuti Workshop THE Impact ranking, Unair dapat meningkatkan kapasitas staf dan mahasiswa dalam mencapai SDGs.

  • SDGs Festival

Sebagai upaya peningkatan kualitas dan reputasi Universitas di kancah nasional dan global, pada tahun 2023, SDGs Center menginisiasi program baru berjudul SDGs Festival. Kegiatan tersebut merupakan program kerja bernuansa SDGs pertama kali yang dilaksanakan oleh SDGs Center. Di Jawa Timur, jumlah masyarakat yang paham dan melek akan kesehatan masih tergolong cukup sedikit. Sehingga dalam pelaksanaanya, SDGs Festival dimulai dengan kegiatan pengabdian masyarakat berupa edukasi pada aspek kesehatan yang dilanjutkan dengan kegiatan bakti sosial. Acara tersebut merupakan wujud nyata komitmen oleh Universitas Airlangga untuk mencapai SDGs 2 dan 3 di Indonesia yang diperuntukkan bagi masyarakat 3T (terluar, terdepan dan tertinggal). Universitas Airlangga melalui SDGs Center selalu berupaya untuk meningkatkan kualitas tri dharma berupa pengabdian masyarakat yang berfokus ke arah SDGs sehingga bisa memberikan dampak di tingkat lokal, nasional dan internasional.

SDGs Unair Festival biasanya diadakan dalam bentuk seminar, diskusi, pameran, dan kegiatan-kegiatan lain yang dapat meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam mencapai SDGs. Kegiatan ini dapat meningkatkan hubungan antara Unair dan masyarakat serta memberikan manfaat bagi kedua belah pihak dalam upaya mencapai tujuan-tujuan SDGs.

  • Pengmas SDGs

Pengabdian Masyarakat bertema SDGs Unair adalah kegiatan yang dilakukan oleh Unair dalam upaya meningkatkan partisipasi dan kontribusi masyarakat dalam mencapai tujuan-tujuan SDGs. Bidang pengabdian masyarakat yang dipilih oleh tim SDGs Center adalah bidang kesehatan yang dilakukan di daerah Provinsi Jawa Timur. Mengingat dengan masih tingginya isu stunting di Jawa Timur, Universitas Airlangga hadir sebagai perguruan tinggi yang dapat memberi solusi nyata pada penyakit kesehatan tersebut dengan keunggulan SDGs Universitas yang salah satunya berfokus pada SDGs 3.

  • Buku panduan pelaksanaan SDGs Unair

Selanjutnya, Unair juga membuat buku panduan pelaksanaan SDGs Unair. Buku ini berisi informasi tentang SDGs, serta cara-cara yang dapat dilakukan oleh Unair untuk mencapai SDGs. Buku ini dibuat untuk memudahkan staf dan mahasiswa Unair dalam memahami konsep SDGs dan implementasinya di Unair.

Dalam kesimpulannya, Unair dalam ini diwakili oleh Direktorat Keuangan sebagai unit penjunjang Universitas, sangat mendukung penuh program Kerja Unit SDGs tersebut. Upaya-upaya tersebut dapat memberikan kontribusi positif dalam mencapai tujuan-tujuan SDGs di Indonesia. Namun, Unair perlu terus melakukan evaluasi dan perbaikan, serta menjalin kerja sama yang baik dengan lembaga pendidikan, pemerintah, dan masyarakat dalam upaya mencapai SDGs.

Penulis : Rizki Deddy. S

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *