Upacara HUT RI ke 78 dengan baju adat di Universitas Airlangga

Posted by: ditkeuua Comments: 0

Dalam rangka memperingati Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78, Universitas Airlangga menyelenggarakan Upacara pada tanggal 17 Agustus 2023 di halaman Kantor Manajemen Universitas Airlangga. Dengan tema “Terus Melaju untuk Indonesia Maju”, upacara ini menggambarkan tekad bangsa Indonesia untuk terus berinovasi dan berkembang di tengah tantangan global.
Pada acara tersebut para peserta upacara tampil memukai dengan menggunakan pakaian adat dari seluruh penjuru Nusantara. Dalam peringatan kali ini Direktorat Keuangan mempersembahkan pakaian adat khas Madura.
Pakaian adat masyarakat Madura untuk laki-laki disebut dengan baju pesa’an. Baju ini sering kali juga disebut dengan baju tukang sate dikarenakan umumnya digunakan oleh para penjual sate Madura. Selain modelnya yang simpel, pakaian tersebut juga nyaman digunakan sebagai pakaian sehari-hari.
Upacara 17 agustus menggunakan baju madura
Baju pesa’an merupakan pakaian yang memiliki ukuran serba longgar dan berwarna hitam. Ketika menggunakannya, dikombinasikan dengan kaos garis merah hitam atau merah putih. Sementara itu, untuk bawahannya berupa celana gombrang disebut dengan gomboran. Panjang celananya di antara lutut dan mata kaki atau sampai mata kaki.
Pakaian adat suku Madura wanita disebut dengan kebaya rancongan dan baju aghungan. Kebaya khas Madura hampir mirip dengan kebaya pada umumnya dan pas dengan bentuk tubuh. Modelnya adalah lengan panjang yang dilengkapi dengan odhet atau stagen yang diikatkan di perut.

Kebaya rancongan umumnya memiliki warna terang dan mencolok sebagai ciri khasnya, seperti biru, hijau, dan merah yang pas dengan bentuk tubuh. Sementara itu, untuk bawahannya berupa sarung batik dengan motif storjan, lasem, dan tabiruan.

Selain itu, Prof Nasih juga meluncurkan logo dies natalis ke 69. Logo ini mengambil bentuk rantai sebagai symbol berkesinambungan terus mengabdi dan berkarya untuk kemanusiaan yang adil dan beradab.

Penulis : Rahmatika Nia A

Editor : Lilik Erlinawati Farida

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *