Tentang Kami

DIREKTORAT KEUANGAN UNAIR

Berupaya untuk meningkatkan dan mengembangkan fasilitas serta pelaporan keuangan berbasis teknologi.

Komitmen utama Direktorat Keuangan Universitas Airlangga adalah selalu berupaya melayani dengan baik civitas akademika universitas. Kami berfokus pada peningkatan dan pengembangan fasilitas, serta pelaporan keuangan yang didasarkan pada teknologi mutakhir. Dengan pendekatan ini, kami berharap menciptakan lingkungan yang lebih efisien dan nyaman, memastikan bahwa setiap anggota komunitas universitas dapat fokus pada kegiatan akademik mereka tanpa kendala keuangan. Dalam semua yang kami lakukan, tujuan utama kami adalah memajukan Universitas Airlangga melalui inovasi keuangan yang berkualitas dan terpercaya.

VISI

Menjadi Pusat Keunggulan dalam Pengelolaan Keuangan yang Transparan, Efisien, dan Berkelanjutan untuk Mendukung Pertumbuhan dan Kesejahteraan Institusi

MISI

  1. Menyelenggarakan dan mengkoordinasikan pengelolaan anggaran dengan cermat dan profesional, serta memastikan alokasi dana yang optimal untuk mendukung kegiatan akademik dan administratif di institusi.
  2. Melakukan penyusunan dan pelaksanaan anggaran dengan akuntabilitas tinggi, memastikan bahwa setiap pengeluaran dan penerimaan keuangan dilakukan sesuai dengan peraturan dan standar yang berlaku.
  3. Menyediakan sistem akuntansi yang efisien dan terintegrasi untuk memastikan pelaporan keuangan yang akurat dan tepat waktu kepada pihak-pihak terkait, termasuk Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Sumber Daya serta instansi pemerintah terkait.
  4. Mengelola perbendaharaan dengan hati-hati, menjaga likuiditas yang optimal, dan mengoptimalkan penggunaan dana yang tersedia.
  5. Melakukan pemantauan dan evaluasi berkelanjutan terhadap pelaksanaan anggaran dan kinerja keuangan, serta mengidentifikasi dan mengatasi potensi perbaikan untuk mencapai efisiensi dan efektivitas yang lebih baik.
  6. Melaporkan secara berkala dan transparan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi dalam bidang keuangan kepada Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Sumber Daya, serta menjalin kerja sama yang erat dengan semua pihak terkait untuk mencapai tujuan bersama.

DIREKTORAT KEUANGAN

Selalu berupaya untuk melayani dengan baik civitas akademika Universitas Airlangga dengan meningkatkan dan mengembangkan fasilitas serta pelaporan keuangan berbasis teknologi.

Tugas Pokok kami adalah menyelenggarakan dan mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan pengelolaan anggaran, akuntansi dan pelaporan keuangan, serta perbendaharaan. Direktorat Keuangan di samping memiliki tugas pokok, juga memiliki fungsi : 

  • Menyelenggarakan dan mengkoordinasikan kegiatan penyusunan dan pelaksanaan anggaran;
  • Menyelenggarakan dan mengkoordinasikan kegiatan akuntansi dan pelaporan keuangan;
  • Menyelenggarakan dan mengkoordinasikan kegiatan perbendaharaan; 
  • Menyelenggarakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan dan kinerja anggaran;
  • Melaporkan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi dalam bidang keuangan kepada Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Sumber Daya.